Rabu, 26 Februari 2020

Robot Canggih yang Membantu Pekerjaan Manusia

Robot RIBA
RIBA (Robot for Interactive Body Assistance) merupakan robot perawat. Robot canggih ini diciptakan oleh RIKEN dengan sistem yang mampu mengangkat atau menggendong pasien rumah sakit. Kekurangan dari robot ini yaitu ia tidak bisa mengangkat beban lebih dari 61 kg. RIBA dapat mengenali suara suster atau pegawai rumah sakit sehingga RIBA bisa mendeteksi wajah perawat rumah sakit.
Robot ApriPoco
Robot ApriPoco merupakan robot yang bisa mengendalikan segala jenis remote, seperti remote TV, AC, dan sebagainya. Robot AprilPoco dapat mengenali suara dan menjawab pertanyaan dari percakapan dengan manusia. Robot canggih ini berasal dari perusahaan Toyota, Jepang.
Robot ApriPoco diprogram untuk mengenali remote secara universal. Jika dia sudah menyelesaikan tugasnya maka ia akan bertanya padamu tugas apa yang harus dilakukan selanjutnya.
Robot pencuci rambut
Panasonic menciptakan robot khusus untuk mencuci rambut lansia dan penderita disabilitas di salon. Tangan robot memiliki 24 jari yang mirip dengan manusia. Robot bisa mencuci, memijat, dan membilas rambut dalam 3 menit. Awalnya robot ini diciptakan untuk membantu kegiatan manula mencuci rambut di panti jompo. Tapi mulai ada salon yang menggunakan robot ini untuk mencuci rambut.
Buddy Robot
Robot Buddy adalah robot assisten atau pendamping dan pembantu rumah yang lucu, ukurannya sebesar kucing. dikembangkan oleh perusahaan Blue Frog Robotics, Paris. Robot ini bisa membantu mengawasi keadaan sekeliling rumah. Buddy bisa membangunkan pemiliknya, bermain, bahkan mengingatkan hal penting seperti minum obat.
Robot Erica
Robot Erica sebuah robot android semi-otonom, yang didesain seperti wanita berumur 23 tahun. Hiroshi Ishiguro merupakan pencipta robot Erica. Dia memiliki wajah yang cantik dan natural, nada suara yang dikeluarkan disintesis. Robot Erica memiliki tingkat otonomi tinggi tapi tidak bisa menggerakkan tangan dan kakinya. Bisakah dia dianggap hidup atau diklaim sebagai makhluk yang setara dengan manusia?
Robot Atlas
Robot Atlas merupakan robot humanoid canggih yang sedang dikembangkan. Sistem kontrol Atlas mengkoordinasikan gerakan lengan, batang tubuh dan kaki untuk memanipulasi gerakan manusia. Robot canggih ini dapat menyeimbangkan bagian-bagiannya serta dapat berjalan walaupun dengan langkah kecil, sehingga ia memiliki kemampuan untuk bekerja.
Da Vinci Surgical System Robot (Robot Bedah)
Prostatektomi robot yang paling terkenal saat ini adalah Sistem Bedah da Vinci, diproduksi oleh perusahaan Intuitive Surgical, Amerika Serikat. Komponen yang ada dalam robot antara lain kamera beresolusi tinggi dan instrumen bedah mikro. Da Vinci Surgical System robot canggih ini memiliki tingkat presisi yang akurat sehingga mampu menyayat 1-2 cm.
T-52 Enryu (Robot SAR)
T-52 Enryu merupakan robot pembantu manusia dalam penanganan bencana, dikembangkan oleh dua perusahaan asal Jepang, yaitu TMSUK Co. Ltd. dan ROBO-GERAGE. Robot ini. T-52 Enryu dapat mengevakuasi korban bencana di medan yang berat sekalipun, seperti bencana gempa yang meruntuhkan puing-puing bangunan. Robot dengan tinggi 3 meter ini mampu mengangkat beban hingga 1 ton.
Kinba (Robot Resepsionis)
Kinba merupakan sebuah robot yang diciptakan untuk membantu tugas-tugas resepsionis. Dikembangkan oleh dosen departemen informatika King’s College London, Dr. Matthew Howard. Kinba dapat membantu menjawab pertanyaan dari pengunjung atau tamu melalui layar sentuh yang terkoneksi padanya. Saat ini Kinba ditugaskan di perpustakaan King’s College London.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar