Rabu, 12 Februari 2020

Keuntungan Dan Kekurangan Dalam Menggunakan Teknologi Modern

Tidak Hanya Menguntungkan, Teknologi Modern Juga Mempunyai Kekurangan

Teknologi adalah ibarat anggota tubuh bagi masyarakat modern. Dalam keseharian masyarakat modern, teknologi adalah hal yang selalu tidak terlupakan bagi mereka, kenapa seperti itu? karena masyarakat modern saat ini sudah sangat bergantung pada fitur-fitur yang ditawarkan oleh teknologi. Masyarakat modern sudah sangat terlena dengan kemudahan-kemudahan yang mereka dapat dari teknologi.

Tentunya selain mempunyai banyak kelebihan, teknologi modern juga mempunyai beberapa kekurangan, yang bahkan salah satunya bisa berdampak negatif pada kita. Apakah kamu mengetahui apa saja kelebihan teknologi modern ? dan kekurangan teknologi modern?
Jika kamu belum mengetahuinya, maka seharusnya kamu mulai mencari informasi tentang hal tersebut. Agar kamu menjadi orang yang bisa mendapatkan manfaat dari adanya teknologi modern dan kamu juga bisa menjauhi hal-hal yang akan menjerumuskan kamu dari efek negatif dari penggunaan teknologi modern.

Keuntungan Teknologi Modern


1. Efesien Waktu

Efesien waktu adalah keuntungan yang sangat  sering dirasakan oleh semua pengguna teknologi modern saat  ini,  kenapa seperti itu? Karena semua pekerjaan yang harusnya dikerjakan dengan waktu yang sangat lama, bisa diselesaikan dengan waktu yang sangat singkat. Hal ini tentunya sangat membantu sekali, karena masyarakat modern dituntut untuk bisa bergerak dengan cepat. Misalnya adalah guru yang harus menulis di papan tulis dengan waktu yang sangat lama, akan dipermudah oleh dengan adanya proyektor dan laptop. Maka sangat jelas sekali bahwa ini adalah keuntungan teknologi modern yang sudah banyak dicoba di sekolah-sekolah atau perguruan tinggi.

2. Mudah Akses Informasi

Keuntungan teknologi modern yang ini sangat membantu sekali bagi anda yang berprofesi sebagai pencari berita atau pelajar. Dengan adanya kemudahan akses informasi, anda bisa mencari berita tanpa susah-susah pergi keluar kota, atau bahkan keluar negeri. Dan bagi kamu yang masih pelajar, kamu akan mendapatkan informasi pelajaran yang kamu inginkan.



3. Memicu kreatifitas dan Inovasi baru

Sekali lagi teknologi modern memberikan keuntungan yang berharga sekali buat kita, khususnya bagi anda yang ingin menjadi seorang pengusaha sukses. Keuntungan teknologi modern memang sangat membantu sekali bagi kita yang pebisnis atau ingin memulai bisnis. Hal ini dikarenakan banyak sekali situs-situs yang mengunggah karya-pengusaha sukses saat ini bagaimana dia mendapatkan keberhasilannya. Dengan demikian kita bisa dapat belajar dengan bebas untuk memulai bisnis kita. Tidak perlu bertemu dengan orang sukses tersebut melainkan kita dapat membacanya atau mempelajari ilmu-ilmu bisnisnya melalui internet. Sehingga dengan membaca dan mempelajari kiat-kiat sukses di dunia, kita akan terdorong untuk bisa kreatif dan inovatif.

Kekurangan Teknologi Modern

1. Kecanduan sosial media

Dengan banyaknya keuntungan teknologi modern saat ini, manusia dimudahkan dalam melakukan apapun aktifitasya. Tapi kemudahan-kemudahan tersebut akan membawa kita pada efek yang buruk kalau kita tidak bisa menggunakannya dengan cara yang bijak. Misalnya, banyak sekali orang-orang di zaman modern ini yang menghabiskan waktunya hanya untuk bermain smartphone. Sehingga banyak waktu yang sia-sia karena Cuma digunakan untuk bermain hp, game, fb dan sosial media lainnya. hal ini jelas sekali adalah salah satu kekurangan teknologi modern.

2. Lapangan pekerjaan yang menyempit

Dengan adanya teknologi modern yang sangat canggih, peran manusia menjadi berkurang karena digantikan dengan robot. Tentunya ini kabar baik bagi produsen, karena lebih efisien. Tapi kabar buruk bagi orang-orang yang bekerja atau karyawan.

3. Menurunkan kualitas daya berfikir siswa di sekolahan.

Dengan adanya teknologi modern ini , maka para siswa akan terbiasa menggunakan kalkulator atau smartphone untuk menghitung. Hal ini menyebabkan mereka menjadi bergantung pada hal itu. Sehingga akan menyebabkan kualitas pendidikan menurun.


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar